Tamu Tak Diundang

Lima hari Solo Traveling di Luang Prabang, Laos lumayan berkesan buat saya. Karena kotanya kecil, kemana-mana bisa jalan kaki, dan kebanyakan wisata nya kuil lagi kuil lagi, jadi lumayan bisa membuat saya melakukan hal-hal aneh dalam lima hari itu. Ditambah lagi saya berpergian seorang diri, merdeka deh.

Saya nginap di Vongprachan Backpacker Hostel. Biasalah, kamar tipe Dorm dengan kasur bertingkat yang tiap malam gonta ganti mulu orang yang nginap. Itu lah oke nya solo traveling, karena merasa sendiri, tidak ada pilihan lain selain mencoba membaur dengan sesama traveler. Rata-rata mereka long term traveling, ada cowok amerika yg jalan-jalan setahun setelah resign sebagai accountant, ada cewek Inggris keturunan China yg sudah empat bulanan traveling setelah resign sebagai Fisioterapis, ada programmer Korea yang kerja enam bulan dan jalan-jalan enam bulan, ada cowok Israel yang sudah enam bulan keliling dunia, dan banyak lagi. Aggh bikin iri!  Makanya saya suka malu sendiri kalau ditanya berapa lama saya liburan. Seorang teman dari Jepang bertanya, Sudah berapa lama kamu traveling ? Saya pun menjawab Cuma seminggu. Dia pun membalas, “Oh holiday ya, bukan traveling”. Beteeee!

Sementara saya tidak terlalu banyak bicara dengan orang Lokal Laos. Resepsionis hotel ada dua, yang satu nya pendiam yang satu nya lagi juga pendiam tapi agak mendingan dibanding yang pertama. Sekali-kali nya ngobrol, itu pun absurd conversation. Kita main tebak-tebakan umur, awalnya dia nanya umur saya, saya jawab lah. Terus pas giliran saya nanya umur dia, dia pun meminta saya mencoba menebak. 32 timpal saya, dia pun membalas, Bukan, umur saya 23. Ya Ampun, tebakan saya meleset jauh, saya pun minta maaf.

Beberapa kali si Resepsionis suka nggak ngeh kalau saya itu tamu Hotel. Pernah saya minta kamar mandi di Semprot karena bau atau AC kamar nggak nyala. Tapi responnya lama, terus pas saya nanya, “Gimana udah dikerjain belum pesanan gue?”. Dia pun menjawab, “Ya Ampun, maaf, saya kira kamu pegawai Hotel sebelah, saya nggak ngeh kalau kamu orang asing”. Terus dia pun menambahkan, wajah mu kayak orang sini lho, eh bukan kayak Orang Thailand, 100% seperti orang Thailand. Ya elah dia ngeles.

Lain lagi waktu saya nanya harga Cruise untuk mengitari sungai Mekong dan Nam Khan. Si Awak kapal tampak ragu-ragu memulai percakapan untuk menawarkan harga kepada saya. Setelah saya bilang saya turis baru lah dia beralih dari bahasa Laos ke Bahasa Inggris. “We look same-same !, Where are you from Again ?”..

Pada suatu malam saya keliling-keliling kota kecil ini. Siang hari di sini begitu terik, sampai 30 derajat sementara pagi nya dingin sekali, sekitar 18 derajat. Jadi saya lebih memilih jalan-jalan di malam hari yang suhu nya sedang, apalagi Night Market nya selalu rame tiap malam. Setelah capek jalan kaki saya pun mulai lapar dan haus, pas ngecek kantong saya pun sadar kalau saya butuh ke ATM ngambil duit Kip. Sembari mencari ATM tapi si ATM belum ketemu-ketemu dan perut saya mulai berontak, saya melihat ada keramaian, mungkin semacam pesta nikahan pikir saya.  Yihaaa, bisa makan gratis nih

Seketika teringatlah kata-kata Resepsionis Hotel dan pemuda yang di Sungai Mekong tadi, Saya mirip orang lokal. Muncul lah ide untuk masuk saja ke pesta itu dengan harapan mereka tidak akan curiga kalau saya adalah tamu tak diundang. Pas masuk, saya sempat diliatin beberapa orang remaja, saya pun cuek langsung ambil makanan sambil menebar sedikit senyum. Mareka pun tidak memperhatikan saya lagi. Saya ambil lontong yang dimakan dengan kuah Soup, beberapa cemilan, jeruk, pisang, dan air minum, layaknya tamu undangan. Saya pun mencari-cari tempat duduk yang kosong tapi tidak ada, ya terpaksalah saya duduk semeja dengan seorang Ibu beserta suaminya.

Pas lagi asyik makan, tiba-tiba si Ibu mengajak ngobrol dengan bahasa Laos., yang hampir membuat saya tersedak. *Mampus gue, pikir ku dalam hati, kudu jawab apa nih, kalo ketahuan Gawat. Saya pun spontan pura-pura bisu dan memperagakan bahasa isyarat dengan tangan. And you know what, Si Ibu pun manggut manggut dan sedikit tertawa. It works! Dia sama suaminya percaya kalau gue adalah orang Laos yang tuna rungu, hehe.

Setelah selesai makan, terlihat lah segerombolah biksu yang keluar dari rumah tempat diadakannya acara yang semakin membuat saya bertanya-tanya, Ini sebenarnya acara nikahan, sunatan, kematian, acara keagamaan atau apa sih ?. Ora pikir ahh sing penting perut gue kenyangg. Yihaaa. Saya pun pergi meninggalkan pesta tanpa perasaan berodsa, setelah sebelumnya pamitan dengan salaman dengan beberapa orang yang sepertinya tuan rumah, dengan salaman khas Laos,  Sa Bai Deee… 😉

2 thoughts on “Tamu Tak Diundang

Leave a comment